Headlines News :
Home » » Setop Alih Fungsi Lahan Sawah Menjadi Tempat Permukiman

Setop Alih Fungsi Lahan Sawah Menjadi Tempat Permukiman

Written By emha on Saturday 22 December 2012 | Saturday, December 22, 2012

Jangan biarkan pemandangan yang indah ini ternoda.
Jangan jadikan sawah tempat membangun rumah

Pembangunan perumahan di Krui, Kabupaten Pesisir Barat telah merambah lahan persawahan. Pemandangan sawah yang dulu semesta hijau di kala musim tanam dan serba kuning di kala musim panen yang sungguh sedap dipandang mata kini telah ternoda oleh bermunculannya bangunan-bangunan rumah yang berjejer di sepanjang pinggir jalan.

Sementara memang belum seluruh lahan sawah terambah oleh perumahan, tapi jika dibiarkan niscaya tidak akan lama lagi kita tidak bisa lagi menyaksikan indahnya pemandangan sawah menghijau atau menguning.

Alihfungsi lahan sawah seperti ini kini banyak terjadi di beberapa tempat di Krui. Dan yang paling mencolok adalah di kecamatan Karya Penggawa. Kalau Anda berkendaraan melewati Jalan Raya Lintas Barat, Anda akan menyaksikan banyak rumah-rumah baru berdiri di pinggir jalan yang mengokupasi lahan sawah.

Pemandangan seperti ini sungguh tidak sedap dan mengganggu, apalagi jika dihubung-hubungkan dengan industri wisata. Turis yang berkunjung ke Krui sekarang umumnya karena mereka tertarik dengan keadaan alam Krui yang masih asli. Dan dalam hal ini berjalan melewati jalan raya yang membelah lahan persawahan adalah sebuah atraksi wisata tersendiri bagi turis-turis tersebut. Apa jadinya nanti jika jalan-jalan sudah dipenuhi oleh rumah di kiri-kanannya sehingga tidak ada lagi pemandangan hijau yang menawan. Jangan heran bila suatu saat kelak turis-turis tersebut jera berkunjung ke Krui. Sayang sekali jika hal ini sampai terjadi mengingat pariwisata adalah industri andalan Krui dan sekitarnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang akan dibentuk nanti hendaknya memikirkan hal ini. Pemkab kelak harus mengeluarkan peraturan yang melarang alihfungsi lahan sawah menjadi tempat permukiman dan industri kalau tidak mau pariwisata di wilayah ini mati di tengah jalan.    
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khabar dari Krui - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger