Headlines News :
Home » » Berburu Blue Marlin di Krui

Berburu Blue Marlin di Krui

Written By emha on Sunday 30 January 2011 | Sunday, January 30, 2011


Berburu Blue Marlin di Perairan Krui, Lampung Barat


Metrogaya - Anda hobi memancing? Kalau iya, jangan lewatkan berburu ikan Blue Marlin di perairan Krui, Lampung Barat, Lampung. Untuk mencapai ke wilayah ini, Anda bisa sewa kapal motor yang harganya bisa dinegosiasikan dengan nelayan setempat.
Blue Marlin atau yang oleh masyarakat setempat disebut Iwa Tuhuk merupakan satu-satunya big fish yang bisa ditangkap nelayan kota ini, sekaligus merupakan sumber rejeki nomplok bagi nelayan yang berhasil menangkapnya. 
Di samping itu, Blue Marlin juga merupakan tangkapan kebanggaan para nelayan di kota ini. Oleh karena itu ikan ini dijadikan simbol masyarakat kota ini, di samping pohon Damar, seperti yang digambarkan dalam Tugu Damar Tuhuk yang merupakan lambang kota ini.
Tantangan berburu ikan Blue Marlin di tengah laut benar-benar mengasyikkan dan tidak akan pernah terlupakan. Sebelum berangkat ke tengah laut bersama nelayan, beli umpan hidup dulu dari para nelayan yang bisa ditemui di pantai.
Perjalanan biasanya dimulai pada hari masih gelap dan tepat sang surya menampakkan wajahnya, sudah berada di tengah laut dimana lokasi ikan Blue Marlin yang sangat dihapal nelayan setempat berada. Tak perlu lama menunggu kail yang sudah diberi umpan bakal disambar buruan. Sebab, pagi hari, saat ikan Blue Marlin sedang lapar-laparnya. Ikan pasti langsung menyambar umpan.
Namun, kita harus ekstra kuat berlomba menarik senar pancing lantaran ikan Blue Marlin cukup besar dan berat. Bobotnya bisa mencapai 50 hingga 70 kilogram dengan panjang hampir 170 sentimer. Selain itu, ikan ini juga terkenal mempunyai tenaga yang kuat. Salah menarik, bisa-bisa tali senar pancing akan putus.
Selain itu yang perlu diperhatikan, jika fisik tidak kuat, jangan coba-coba melaut dengan perut kosong. Pasalnya, terjangan ombak laut dan angin yang kencang bisa membuat Anda mabuk laut.
Sensasi berburu Blue Marlin atau Iwa Tuhuk ini bisa Anda nikmati hingga Juli mendatang. Biasanya setelah mereka selesai melalui ritual musim kawin dan bertelur setahun sekali. Selamat berpetualang.(yc/liputan6)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khabar dari Krui - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger