Headlines News :
Home » » Kabupaten Pesisir Barat Akhirnya Miliki Bupati Definitif

Kabupaten Pesisir Barat Akhirnya Miliki Bupati Definitif

Written By emha on Friday 19 February 2016 | Friday, February 19, 2016


 

Rabu, tanggal 17 Februari 2016 kemarin adalah hari yang bersejarah bagi Kabupaten Pesisir Barat. Hari itu adalah hari pelantikan bupati definitif pertama bagi kabupaten termuda di provinsi Lampung tersebut. 

Setelah ditetapkan sebagai daerah otonomi pada tanggal 25 Oktober 2012, Kabupaten Pesisir Barat sudah tiga kali berganti bupati, dua penjabat bupati dan satu bupati definitif. Penjabat bupati yang pertama adalah Drs. Kherlani, yang mulai memerintah semenjak tanggal 20 April 2013, sekaligus menandai dimulainya pemerintahan di kabupaten yang terkenal dengan wisata pantainya ini. Kherlani menjalani tugasnya selama dua tahun, yang berakhir pada tanggal 20 April 2015.

Kherlani berhenti, digantikan oleh Drs. Qudrotul Ikhwan, seorang putera daerah Pesisir Barat asli. Tapi belum sampai setahun Qudrotul memerintah, dia harus menyerahkan jabatannya kepada pasangan Agus Istiqlal SH--Erlina SP yang terpilih sebagai bupati dan wakil bupati hasil pemilu tanggal 9 Desember 2015.

Ada secercah harapan dengan dilantiknya bupati definitif ini. Sebagaimana yang sering kita baca dan kita dengar, wewenang penjabat bupati itu terbatas, tidak seluas wewenang seorang buati definitif. Penjabat bupati mungkin tidak bebas mengeksplorasi dan mengeksploitasi semua potensi daerah hingga sedalam-dalamnya untuk pembangunan, sebagaimana yang diwewenangkan pada bupati definitif.

Kalau memang demikian adanya, maka besar harapan kita sebagai warga masyarakat Pesisir Barat agar bupati definitif ini mampu memajukan kabupaten baru ini jauh melebihi kemajuan yang selama ini sudah tercapai oleh penjabat bupati.

Dalam wawancaranya beberapa saat setelah pelantikan kemarin, Agus Istiqlal mengatakan prioritas pembangunan Pesisir Barat adalah infrastruktur. Sebuah langkah yang tepat mengingat Kabupaten Pesisir Barat ini masih tergolong 3 T ( terdepan, terluar, dan tertinggal)..

Jika kelak pasangan Agus Istiqlal--Erlina ini mampu membawa kabupaten ini keluar dari status 3 T di atas, maka nama mereka berdua layak dipertimbangkan sebagai pahlawan pembangunan daerah ini.


Share this post :

+ komentar + 1 komentar

24 July 2016 at 16:15

Listrik dulu diutamakan. Yang kedua jalan menuju Ranau dari Melesom, Lemong agar PesBar tak hanya memiliki wisata pantai tapi pegunungan juga.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khabar dari Krui - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger