Headlines News :
Home » » Kabupaten Pesisir Barat Resmi Terbentuk

Kabupaten Pesisir Barat Resmi Terbentuk

Written By emha on Saturday 27 October 2012 | Saturday, October 27, 2012


Dengan disahkannya UU DOB Kabupaten Pesisir Barat (KPB), Lampung, dalam sidang paripurna DPR tanggal 25 Oktober, 2012 lalu, kini daerah Krui dan sekitarnya sudah resmi menjadi kabupaten, dan berhak memiliki pemerintahan daerah tingkat II tersendiri, terpisah dari Kabupaten Lampung Barat.

Pengesahan UU DOB Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, ini adalah klimaks dari perjuangan masayrakat Krui dan sekitarnya selama sepuluh tahun terkahir ini. Sebagaimana diketahui, perjuangan masyarakat Krui untuk memiliki pemerintahan tersendiri, terpisah dari Kabupaten Lampung Barat sudah dimula sejak tahun 2002 lalu.

Namun perjuangan tersebut panjang dan berliku, dan menghadapi banyak sekali kendala dan rintangan. DOB Kabupaten Pesisir Barat sebenarnya sudah pernah sampai di meja DPR untuk dibahas pada tahun 2008 lalu, bersama-sama dengan usulan tiga kabupaten lainnya di provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Mesuji, Kabupaten Pringsewu, dan Kabupaten Pesawaran. Namun ketiga kabupaten lain tersebut berhasil dibentuk, sedangkan Kabupaten Pesisir Barat harus gigit jari. Usulan pembentukan DOB KPB ditolak dengan alasan kurang lengkap.

Tahun berikutnya usulan itu kembali disodorkan ke DPR, namun apa daya kali ini kembali terhalang dengan adanya kebijakan moratorium DOB dari presiden SBY. Masyarakat Pesisir Barat, Krui dan sekitarnya, terpaksa harus kembali menunggu, hingga akhirnya kabupaten yang dicita-citakan itu resmi lahir pada penghujung bulan Oktber 2012 ini.

Tak ayal, penetapan UU DOB Kabupaten Pesisir Barat ini disambut dengan gegap gempita oleh masyarakat Krui dan sekitarnya, tentu diselingi harapan agar pemerintahan yang akan dibentuk kelak benar-benar bisa membawa daerah ini ke arah kemajuan sebagaimana yang dicita-citakan. Semoga.
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

10 November 2012 at 10:20

jumlah kecamatan yang ada dalam peta diatas masih kurang antara lain : Kecamatan Way Krui, Krui Selatan dan Kecamatan Ngambur. Sementara Kecamatan Belimbing, yang betul adalah Kecamatan Bengkunat Belimbing. DUM, tksh.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khabar dari Krui - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger